Pengertian Internet Marketing Serta Jenis Dan Strategi - Frontalin | Media Seputar Tentang Review Aplikasi Dan Bisnis

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Pengertian Internet Marketing Serta Jenis Dan Strategi

Pengertian Internet Marketing Serta Jenis Dan Strategi

Share This
Pengertian Internet Marketing - Hai semuanya sahabat Frontalin, untuk kali ini frontalin akan membahas pengertian apa itu internet marketing ?, pasti ada yang ingin belajar mengenai internet marketing kebetulan sekali frontalin akan membahasnya sahabat frontalin silahkan baca dengan baik - baik agar mengerti. Apa itu internet marketing ? Internet Marketing bisa diartikan sebagai sebuah teknik pemasaran online yang mengacu kepada iklan dan mengupayakan pemasaran dengan menggunakan situs website dan email untuk memajukan usaha penjualan perdagangan elektronik (E-Comerce).
Pengertian Internet Marketing Serta Jenis Dan Strategi

Nah, pengertian internet marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang menggunakan media online.
Internet marketing dinilai lebih jauh efektif dan efisien dibanding melakukan pemasaran tradisional, seperti promosi melalui radio, surat kabar dan majalah, hal tersebut dikarenakan biaya internet marketing sangat murah dan untuk mencari target ( Calon Pelanggan ) jauh lebih mudah.

Jenis - Jenis Internet Marketing


  1. Web Marketing
    Web Marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media website. Jadi, ada beberapa macam contoh pemasaran menggunakan media website yang pastinya sering kita temui di internet, seperti contoh salah satu ini, situs affiliate marketing atau situs yang menawarkan produk orang lain untuk dijual kembali.

    Ciri khasnya dari situs affiliate marketing ialah tampilannya yang hanya 1 kolom kalau bisa disebut thema templatenya landing page atau bootsrap, hal ini bertujuan untuk membuat pengunjung fokus pada inti artikel tersebut.
  2. Email Marketing
    Email marketing pemasaran melalui media email mungkin tidak sepopuler web marketing, namun, bukan berarti email marketing tidak efektif untuk menjaring pelanggan, nah anggapan tersebut tidaklah benar sama sekali, justru saja email marketing dinilai oleh para internet marketing profesional sebagai media promosi online terbaik.

    Pernyataan tersebutlah tentu bukanlah tanpa alasan, bahwa email merupakan salah satu media komunikasi online yang sifatnya cukup private, artinya pemasaran menggunakan email sangatlah tepat untuk melakukan penawaran secara personal atau bisa dibilang penawaran ekslusif.
  3. Social Media Marketing
    Social media merupakan salah satu contoh teknik pemasaran online yang cukup digemari oleh para pengguna internet marketing saat ini, alasan utamanya ialah karena biaya promosi yang murah, bahkan jika semua dikerjakan manual, maka tidak akan ada biaya sama sekali.

    Kekuatan media sosial sebagai media promosi tentu tidak bisa diragukan lagi, hal ini dikarenakan jumlah dari pengguna media sosial yang terlampau banyak, membuatnya sebagai tempat paling tepat untuk melakukan promosi online.
Jenis - Jenis Internet Marketing

Internet Marketing Tools

Biasanya pengguna internet marketing ini menggunakan tools untuk mendukung aktifitas internet yang anda lakukan, namun tidak semua tools bisa anda gunakan secara gratis, tentu saja anda harus membelinya, sebagian besar memerlukan biaya yang bisa dibilang tidak murah.

Oke lanjut saja, berikut ini ada beberapa tools internet marketing gratis yang anda bisa mencobanya.

1. Web Optimization Tools

Untuk mengoptimalkan kinerja website, ada bisa menggunakan beberapa tools online yang gratis dibawah ini :
  • Open Site Explorer : Open Site Explorer (OSE) adalah tools untuk meningkatkan SEO blog anda.
  • Google Analytic : Google Analytic ini adalah Tools yang dibuat oleh Google untuk mengecek aktifitas pengunjung di blog anda.
  • Google Trends : Google Trend ini untuk mencari tahu apa yang sedang trend di suatu negara.
2. Email Marketing Tools

Tools Email Marketing ini untuk membantu anda dalam melakukan promosi via email, nah, silahkan dicoba saja tools - tools dibawah ini :
  • MailChimp : Untuk mengirim ratusan email secara otomatis kepada subscriber kita.
  • HemingWay : Tools Marketing Online yang akan membantu anda untuk membuat penawaran yang menarik.
3. Sosial Management Tools

Memiliki ratusan akun sosial media tentu merepotkan bukan ? Nah, untuk itu frontalin akan berbagi kepada anda mengenai tools sosial management untuk mengelola akun media sosial anda.
  • Tweepi : Tweepi ini menyediakan berbagai fitur optimasi akun twitter.
  • HootSuite : Tools terbaik untuk melakukan management seluruh akun media sosial anda.
  • Bitly : Bitly ini untuk memperpendek URL dan memantau jumlah klik, mirip dengan Goo.gl.

Strategi Internet Marketing

Didalam Bisnis internet marketing, anda juga harus mempelajari tentang strategi - strategi internet marketing, karena tanpa strategi maka akan sulit bagi anda untuk mendapatkan penjualan.

Berikut ini Frontalin akan memberikan Contoh strategi dalam melakukan pemasaran via internet.
  1. Membuat Komunitas Online
    Buatlah Komunitas Online atau Grup yang berhubungan dengan produk yang anda jual misalnya, anda berjualan pakaian, maka cobalah untuk membuat komunitas yang sesuai dengan yang anda jual.

  2. Melakukan Survei
    Dari comunity tersebut anda bisa melakukan pengumpulan survei tentang produk / pelayanan apa yang sesungguhnya mereka butuhkan.

  3. Melakukan Promosi
    Lakukanlah promosi secara halus atau soft selling promotion, caranya dengan membagikan informasi bermanfaat yang ujung - ujungnya menyarankan pembaca untuk membeli produk anda.
Nah itulah Pengertian Internet Marketing Serta Jenis Dan Strateginya, jika anda ingin sukses dengan pemasaran anda cobalah pahami dulu pengertiannya, lalu anda ikuti panduan - panduan mengenai internet marketing. Jangan lupa kunjungi lagi di Frontalin, masih banyak yang mengenai pengertian - pengertian. Sekian dari Frontalin semoga anda sukses, terima kasih.

4 comments:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here