Inilah Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online - Frontalin | Media Seputar Tentang Review Aplikasi Dan Bisnis

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Inilah Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online

Inilah Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online

Share This
Inilah Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online - Hai sahabat - sahabat Frontalin, apa kabarnya ? pasti baik - baik saja kan. Nah sahabat Frontalin pasti ada yang pernah membeli barang dengan cara online dan ada yang belum pernah membeli barang online, ya kan. Jadi kali ini Frontalin akan berbagi tips tentang bisnis online, Bagaimana menghindari penipuan di bisnis online, agar kita tidak canggung lagi untuk berbelanja online. Jual beli online di zaman sekarang ini yaitu zaman digital ini boleh dikatakan sudah menjadi tren/viral bagi semua kalangan masyarakat, Pastinya menjadi sesuatu yang wajar juga mengingat dengan berbelanja secara online dan kita tidak perlu repot - repot untuk jelong - jelong untuk mencari barang yang kita inginkan bukan. Jika kita ingin membeli sebuah barang, maka kita cukup mencarinya secara online lalu memesannya. Pastinya sangat mudah dan praktis.
Inilah Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online

Walaupun jual beli online sudah banyak membawa dampak positifnya namun ternyata juga dibalik kata positif itupun ada dampak negatifnya juga yang perlu sahabat Frontalin waspadai. Nah, hal yang dimaksud itupun ialah meningkatnya angka penipuan secara online dengan berbagai macam - macam omong kosong juga. Dan maraknya penipuan ini kita tidak boleh anggap dengan sebelah mata mengingat banyak korban yang berjatuhan dengan angka kerugian mencapai puluhan ribu sampai puluhan juta rupiah.

Meski sudah memakan banyak korban, bukan berarti kita tidak bisa mencegah adanya penipuan secara online tersebut. Dengan salah satu caranya adalah dengan selalu bersikap waspada dan selektif dalam memilih toko online tersebut untuk anda belanja secara online. Selain itu juga, sikap waspada dan pengetahuan yang cukup khususnya dalam bertransaksi dengan kartu kredit secara aman dan mutlak harus anda kuasai juga, ternyata. Bagaimana cara menghindari penipuan bisnis online itu ? oke sahabat Frontalin mari kita simak beberapa tips dibawah ini.

Ini Dia Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online


  1. Jangan Melihat Dengan Barang Yang Murah
    Salah satu strategi penipu untuk memancing korbannya adalah dengan memasang harga barang yang bisa disebut murah dari pada dengan harga pasarannya. Apabila anda akan berbelanja online dan menemukan suatu toko online yang memasang harga murah, maka anda wajib untuk tidak mudah tergiur dengan apa yang ada dipromosikan. Ingat Jangan Mudah Tergiur!.

    Alangkah lebih baik lagi jika anda memilih toko online yang memang sudah anda terpercaya/mempercayai sehingga transaksi yang anda lakukan benar - benar tidak beresiko. Apalagi juga kini sudah tersedia situs polisionline.com yang bisa anda jadikan acuan untuk memilih toko online, jika nanti terjadi penipuan oleh pihak toko online maka pihak dari polisionline yang akan bertanggung jawab karena bertugas memveritifikasi toko online yang sudah terdaftar.
  2. Simpanlah Segala Tanda Bukti Dan Transaksi
    Jika anda membeli barang ke toko online, pasti akan diberikan tanda bukati dan transaksi, nah pastikan anda jangan pernah membuang segala bukti yang berkaitanna dengan transaksi seperti bukti percakapan melalui sms atau juga bukti transfer anda. Nantinya agar lebih aman sebaiknya anda menyimpan segala bukti tersebut hingga barang yang anda pesan sudah berada ditangan anda. Nah, hal yang seperti inilah bertujuan untuk berjaga - jaga apabila seandainya anda menjadi korban penipuan.
  3. Jangan Berpatokan Terhadap Testimoni
    Biasanya, melihat testimoni milik sebuah toko online bisa menjadi acuan anda ketika anda memilih toko online, namun juga, seperti hal ini sudah tidak berlaku lagi saat ini. Oknum - oknum penipuan sekarang semakin pintar dalam mengelabui para korbannya. Hal ini terbukti dengan banyaknya korban penipuan karena mereka terlena dengan testimoni palsu oleh penipu.
  4. Meminta Foto Barang Asli
    Kasus penipuan bisnis online ini terdapat ada beberapa cara dan trik yang dilakukan oleh penipu ini. Salah satu trik si penipu ini adalah dengan mengirim barang yang tidak sesuai dengan aslinya, bahkan dalam beberapa kasus si penipu tersebut tidak mengirimkan barang yang dipesan dan hanya mengirimkan kardus kosong kepada si pembeli.

    Nah, untuk menghindari hal tersebut ini Frontalin akan berbagi kepada anda tentunya, sangatlah penting bagi anda untuk memeriksa gambar barang yang akan dibeli karena bisa saja penipu tersebut mengambil gambar dari Google. Oleh karena itu, pastikan anda selalu meminta foto barang yang akan anda beli lebih dari satu.
  5. Selalu Utamakan COD ( Cash on Delivery )
    Ketika anda akan membeli sebuah barang, usahakanlah selalu anda mencari toko online atau penjual online yang dekat dengan lokasi anda. Kenapa ? Supaya anda bisa melakukan transaksi secara COD ( Cash on Delivery ) atau transaksi langsung dengan bertemu kepada si penjual, nah dengan itu juga, anda bisa mengecek langsung barang yang anda beli sekaligus meminimalkan tindak penipuan.
  6. Menggunakan Jasa Pihak Ketiga
    Jika memang anda melakukan COD tidak memungkinkan bagi anda, maka lebih baiknya anda menggunakan atau memakai jasa pihak ketiga untuk memfasilitasi transaksi anda dengan penjual. Yang dimaksud pihak ketiga itu ialah jasa rekening bersama atau yang akrab disebut Rekber. Jasa Rekber nantinya akan berfungsi untuk menjaga transaksi kita tetap aman, namun tentu saja dalam menggunakan jasa ini anda perlu mengeluarkan sedikit biaya.

    Rekber akan membuat anda tenang dalam melakukan transaksi karena uang yang anda transfer ke pihak penjual nantinya akan ditahan dulu oleh pihak rekber dan uang tersebut akan dicairkan kepada penjual apabila pembeli sudah menerima barang yang dibeli dan mengeceknya.

  7. Meminta Nomor Resi Pengiriman
    Nomor Resi adalah bukti nomor barang yang akan dikirimkan kepada anda melalui jasa ekspedisi pengiriman barang. Nah, jika barang yang anda beli memang telah dikirim maka tidak akan ada alasan bagi penjual untuk tidak menunjukan nomor resi pengiriman kepada anda. Apalagi ketika anda meminta nomor resi pengiriman namun dari si penjual tidak mau memberikan nomor resi tersebut, maka, anda wajib mencurigai si penjual tersebut sebagai penipu karena perilaku tersebut juga merupakan ciri - ciri seorang penipu.

    Nah, biasanya si penipu akan mencari alasan untuk mengulur - ulur waktu pengiriman nomor resi dan akhirnya si penipu itu menghilang. Apabila pada akhirnya nomor resi tersebut telah dikirimkan kepada anda maka alangkah baiknya anda selalu mengecek secara berkala nomor resi tersebut di website jasa ekspedisi tersebut karena bukan tidak mungkin penjual akan membatalkan pengiriman keesokan harinya.
  8. Rekomendasi Teman Anda
    Jika anda punya teman yang berpengalaman dalam berbelanja online anda bisa bertanya atau meminta rekomendasi kepada teman anda. Dengan meminta rekomendasi kepada teman atau sahabat anda yang manakah toko online yang terpercaya berdasarkan pengalaman teman atau sahabat anda ketika berbelanja online sebelumnya.
Nah, segitu saja dari Frontalin Cara Menghindari Penipuan Bisnis Online Shop, jadi intinya anda harus tingkatkan kewaspadaan anda, dan selalu bertanya kepada teman atau sahabat anda yang sudah berpengalaman berbelanja online shop (bagi yang belum pernah berbelanja online shop). Sekian artikel dari Frontalin, Semoga Bermanfaat, Terima Kasih.

8 comments:

  1. wah betul sob tapi kebiasaan saya untuk menanggulani penipuan saya lebih suka pakai rekber kalau yang lain kok kayak kurang aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps lebih aman COD atau memakai Rekber. Penipu Online Shop kini sangat pintar, tapi kita harus melebihi kepintarn si penipu itu mba. hehehe.

      Delete
  2. paling ama rekber lewat olshop atau nggak kalo deket cod aja 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itupun sudah menjadi kebiasaan semuanya bro, hehehe. tetap tingkatkan kewaspadaannya bro. :D

      Delete
  3. Wah makasih banget gan nambah ilmu banget nih

    ReplyDelete
  4. kalau saya lebih suka di Bukalapak gan, biar aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar gan, lebih baik juga yang sudah resmi seperti bukalapak, shopee dll..

      Delete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here